Salah satu ide anak bangsa yang patut ditindaklanjuti oleh pemerintah disaat bahan bakar bensin yang semakin susah dan harga yang semakin melangit.
Sudah banyak yang tahu Voll Yohanis Bosco meriset Suzuki Smash
berbahan bakar gabungan air dan bensin. Temuan pria asal Palu, Sulawesi
Tengah ini fantastis dan mengundang banyak pertanyaan. Bagaimana bisa
air disulut api busi dan menghasilkan ledakan yang ditransfer jadi
energi gerak?
STEP1 OPLOS BENSIN DAN AIR
Langkah pertama ini memang bikin kaget. Bensin kok dicampur air.
Gimana bisa homogen atau menyatu? “Memang secara fisik tak senyawa, tapi
secara kimiawi bisa senyawa,”jelas Voll Yohanis Bosco yang ditemui di
Gelar Teknologi Tepat Guna di Manado Convention Center.
Bensin rumus kimianya C8H12 dan air (H2O) dicampur dengan perbandingan 1:4. Hitungannya 1 liter
bensin bisa dicampur 4 liter air. Artinya 80% air dan 20% bensin.
STEP2 DITUANG KETANGKI
Seperti nggak percaya kalau dari omongan doang. Pria beken
dipanggil Boy itu langsung praktik sendiri. Menuang campuran bensin dan
air ke dalam tangki bensin asli Smash. Namun telah dimodif dengan tutup
model ulir biar lebih rapat. Cuuur… baru deh dituang dan ditutup rapat.
Menurut pegawai negeri sipil (PNS) yang bekerja di Radio Republik
Indonesia RRI, Palu, Sulawesi Tengah ini, harusnya benar-benar sempurna
dan tidak berkarat. Tangki motor harus terbuat dari fiber atau
stainless steel.
STEP3 DIHIDUPKAN
Begitu mesin distarter, udara murni ( tanpa uap bensin ) dari
karburator masuk menuju ruang bakar. Sebelum fungsi karbu sebagai
pengabut bensin dinon-aktifkan. Maksudnya yang dipakai hanya skepnya
saja untuk mengatur debit udara.
Berbarengan dengan udara masuk ruang bakar, campuran bensin dan
air dari tangki dialirkan lewat pipa kecil menuju reaktor. Volume
campuran bensin-air diatur dengan keran “Hanya dibuka sedikit, ” jelas
Boy.
Reaktor seperti tabung berbentuk pipa, tapi lebih besar dari
slang bahan bakar. ” Nah, di reaktor ini dihasilkan uap bensin yang
dialirkan menuju ruang bakar lewat intake manifold (leher angsa), ”
sebut Pak Boy.
Akhirnya uap bensin dan udara bertemu diruang bakar dan
dikompresi piston. Selanjutnya dipantik api busi dan terjadilah
pembakaran. Mesinpun hidup lewat siklus 1 ini.
STEP4 POLUTAN JADI BAHAN BAKAR DAUR ULANG
Setelah mesin hidup menghasilkan gas buang
hasil pembakaran yang berupa polutan CO (karbon monoksida) dan CO2 (karbon dioksida). Lalu dari lubang
buang dialirkan menuju reaktor. Polutan itu bereaksi dengan air (H2O) di dalam reaktor dan menghasilkan gas
CH4 atau metane.
Metane mempunyai sifat uap bensin. Untuk daur
ulang dialirkan menuju ruang bakar lewat intake manifold. Campur dengan
udara diruang bakar. Dikompresikan dan dipantik api busi. Akhirnya
terjadi pembakaran dari siklus 2.
Energi untuk menjalankan reaktor diambil dari
panas gas buang yang mengakibatkan pembakaran menjadi efisien. Apalagi
bila tabung reaktor sudah mencapai suhu 150-200 derajat celcius, baru
deh mesin bisa hidup normal dan sanggup bergasing tinggi.
“ Memang pada awal starter masih mbrebet.
Maklum metane di dalam tabung reaktor masih dalam proses pembuatan, “
jelas pria yang masih banyak merahasiakan isi reaktornya ini.
Jadi, reaktor punya dua fungsi. Selain
menghasilkan uap bensin untuk pembakaran, juga mengubah polutan jadi
metane.
STEP5
GAS BUANG RAMAH LINGKUNGAN
GAS BUANG RAMAH LINGKUNGAN
Kala mesin dingin, knalpot dari tabung reaktor
keluar bintik-bintik air dibarengi mesin yang masih mbrebet. Ketika
mesin sudah panas yang keluar dari knalpot hanya oksigen atau O2.
“ Sangat ramah lingkungan. Hanya air (H2O) dan oksigen (O2), “ aku pria yang tahun depan akan meriset kembali
sepeda motor 100% berbahan bakar air. (BBA). Artinya bukan lagi campuran
bahan bakar minyak (BBM) premium dan air.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar